Mengenal Olahraga Esport

Tahukah Anda ada cabang olahraga yang disebut esport? Ini adalah kependekan dari electronic sport atau olahraga elektronik dalam terjemahan awamnya. Bukan dimainkan secara langsung atau secara fisik, electronic sport adalah aktivitas bermain game yang juga dipertandingkan. Di tanah air aktivitas ini memang masih diperdebatkan walaupun tak dapat menghambat popularitasnya di kalangan generasi milenial atau anak-anak muda. Hampir sama dengan olahraga lainnya, misalnya sepak bola atau balap motor permainan game canggih ini juga memiliki fanbase fanatic masing-masing yang jumlahnya juga cukup banyak.

Mengenal Olahraga Esport

Esport semakin banyak diminati

Sebagaimana teknologi yang lain game merupakan konsumsi yang tak ada habisnya. Buktinya ribuan jenis game setiap tahunnya diproduksi oleh industry game dan dapat dimainkan pada beragam platform mulai dari laptop, PC, console, hingga smartphone. Bila memandang dari segi hiburan saja, game sejatinya sudah masuk pada berbagai tingkatan umur masyarakat.

Dahulu permainan ini memang identik dengan anak-anak hingga remaja, tapi seiring dengan perkembangan teknologi yang kian canggih, termasuk game yang kian mutakhir, semakin banyak orang dewasa yang tak mau ketinggalan turut bermain game. Tak lagi sekedar berpartisipasi tak sedikit orang yang akhirnya kecanduan permainan elektronik ini.

Tapi ingat adalah keliru bila menganggap semua pecandu game sebagai pemalas yang hanya membuang-buang waktu. Apalagi terbukti bahwa main game tak melulu sekedar untuk mencari hiburan. Bermain game buktinya dapat menjadi profesi yang layak dan menghasilkan penghasilan layak bila ditekuni dengan optimal.

Bukti bahwa game semakin diminati orang adalah kian marak chanel-chanel YoutTube yang mengulas tentang permainan ini. Pada beberapa tahun belakangan ini juga semakin banyak digelar turnamen game hingga skala dunia, contohnya The International for Dota 2. Turnamen tersebut bahkan ditonton oleh lebih dari 20 juta orang.

Selain itu ada pula jenis esport yang cukup sering dipertandingkan yaitu League of Legends yang disaksikan oleh sekitar 27 juta pemirsa. Hadiah bagi juaranya pun tak main-main, yaitu mencapai US $ 2.8 juta pada ajang The International for Dota 2.

Esport di Indonesia 

Apakah esports dapat dikatakan sebagai cabang olahraga atau tidak hingga kini masih menimbulkan pro kontra, terutama di tanah air. Hal ini justru sangat berkebalikan dengan ekosistem aktivitas bermain game ini yang terbangun sudah begitu besar. Esports mempunyai atlet yang disebut pemain professional, penggemar yang merupakan penonton setia, sponsor, hingga beraneka jenis game yang dipertandingkan.

Esports seharusnya dapat disetarakan dengan permainan catur yang juga sama-sama tak menonjolkan pergerakan fisik melainkan otak. Sama seperti catur esport juga bersifat kompetitif dengan beradu strategi dan kepandaian. Para pemainnya pun harus berlatih dengan teratur untuk mencapai level yang lebih tinggi.

0 Response to "Mengenal Olahraga Esport"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel