Penting, Inilah 6 Cara Naik Kereta Api yang Aman Selama Masa New Normal

Saat ini, pemerintah sudah membolehkan masyarakat untuk kembali melakukan perjalanan naik kereta api di masa New Normal atau Normal Baru. Meski begitu, para penumpang diwajibkan untuk mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan demi keamanan dan keselamatan bersama. 

Penting, Inilah 6 Cara Naik Kereta Api yang Aman Selama Masa New Normal

Nah, bagi Sahabat yang sudah mendapatkan tiket perjalanan jarak jauh yang diinginkan, misalnya tiket kereta Jakarta Jogja, untuk keperluan mendesak, tentu Sahabat perlu mengetahui apa saja yang perlu Sahabat perhatikan saat melakukan perjalanan di dalam kereta, kan?

Bagi Sahabat yang akan melakukan perjalanan naik kereta api dalam waktu dekat ini, simak dulu 6 poin penting berikut demi kesehatan dan keamanan Sahabat serta orang-orang di sekitar, yuk!

1. Pastikan kondisi tubuh normal.

Di masa New Normal kali ini, memastikan bahwa kondisi tubuh Sahabat normal adalah suatu keharusan. Yang utama adalah memastikan bahwa suhu tubuh Sahabat normal, yaitu di bawah 37 derajat Celcius, serta tidak menunjukkan gejala COVID-19 – batuk kering, demam, panas, sesak napas, nyeri tenggorokan, dan sebagainya.

2. Selalu kenakan masker.

Seperti yang telah jadi himbauan di seluruh dunia, mengenakan masker saat beraktivitas di luar ruangan adalah kewajiban, termasuk selama Sahabat ada di dalam gerbong nantinya. Bukan hanya itu, Sahabat juga diwajibkan oleh PT KAI untuk menggunakan face shield alias pelindung wajah selama perjalanan, yang diberikan secara gratis oleh petugas.

3. Selalu bawa hand sanitizer dan cuci tangan.

Para penumpang juga dihimbau untuk selalu mencuci tangan dengan sabun. KAI sendiri telah menyediakan wastafel portabel yang terpasang di stasiun-stasiun yang beroperasi. Di dalam gerbong, Sahabat bisa gunakan hand sanitizer.

4. Jaga jarak.

Protokol physical distancing atau penjarakan sosial juga tetap harus dilakukan saat menggunakan fasilitas stasiun hingga sepanjang perjalanan di dalam gerbong kereta api. Contohnya ketika mengantre di loket tiket. Ditambah dengan penggunaan masker yang baik dan tepat, risiko penularan COVID-19 pun bisa ditekan seefektif mungkin.

5. Hindari menyentuh benda yang sering dipegang.

Sebisa mungkin, hindari menyentuh benda-benda yang sering dipegang oleh orang-orang, seperti pegangan pintu, keran, penyiram toilet, dan sebagainya. Apabila kondisinya terpaksa membuat Sahabat harus menyentuh benda-benda tersebut, segera cuci tangan atau gunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan Sahabat, ya!

6. Tidak mengobrol dengan orang lain di dalam gerbong.

Poin lain yang juga perlu Sahabat perhatikan selama perjalanan di dalam gerbong kereta api adalah tidak mengobrol dengan orang-orang di sekitar Sahabat nantinya. Biasanya, mengobrol membuat Sahabat harus membuka masker agar ucapan terdengar jelas, yang justru malah menimbulkan risiko penularan COVID-19 lebih besar.

Itulah 6 tips penting bepergian naik kereta api selama masa New Normal. Jadi, selain menyiapkan tiket kereta Jakarta Jogja, pastikan Sahabat juga tidak lupa membawa hand sanitizer dan mengenakan masker serta face shield, ya! 

0 Response to "Penting, Inilah 6 Cara Naik Kereta Api yang Aman Selama Masa New Normal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel