Stimulasi bayi ketika dalam kandungan dengan suara

Pada umumnya stimulasi bayi ketika dalam kandungan dilakukan pada saat usia kandungan telah berumur 16 minggu atau 4 bulan hingga kelahiran. 

Kawan- kawan parenting dimanapun kalian berada untuk melakukan stimulasi tentunya tidak boleh dilakukan secara sembarangan, melainkan harus terpola atau terstruktur sehingga dapat memudahkan jabang bayi mempelajarinya. 

Stimulasi bayi ketika dalam kandungan dengan suara

Pemberian stimulasi tersebut tidak boleh juga dilakukan terlalu sering, karena si jabang bayi nantinya tidak memiliki waktu untuk beristirahat yang malah membahayakannya. 

Waktu yang cukup untuk melakukan stimulasi tersebut adalah sekitar 5 hingga 10 menit setiap pagi dan malam hari menjelang tidur yaitu dengan mengajaknya berkomunikasi.

Baca Juga : Banyak Variasi, SGM Ananda 0-6 Bulan Ini Bisa Jadi Pilihan

Cara Melakukan Stimulasi Bayi yang Tepat

Stimulasi bayi ketika ia masih dalam kandungan sebenarnya terdiri dari 2 macam yaitu dengan suara dan gerakan tangan. 

Tetapi pada kali ini akan dibahas mengenai stimulasi menggunakan suara. Terdapat 3 cara yang dapat dilakukan ketika melakukan stimulasi dengan menggunakan suara yaitu

Memperdengarkan sebuah musik

Tidak hanya irama yang dikeluarkan oleh detak jantung ibu saja yang dapat didengarkan oleh si jabang bayi, tetapi ibu juga bisa mengenalkannya dengan irama atau suara atau musik dari luar rahim yang tentunya harus memiliki pola dan nyaman atau lembut. 

Selain itu, ibu juga bisa menyanyikan sebuah lagu maupun irama-irama nada. Pada zaman yang sudah sangat modern ini, ibu juga bisa mendengarkan musik melalui smartphone, tape recorder dan lain-lain. 

Tetapi alangkah baiknya jika, ibu menggunakan musik yang berasal dari piring vinyl, karena suara dan nada yang dihasilkan lebih baik dan rapi daripada yang dihasilkan oleh barang elektronik. 

Selain itu, dalam memilih lagu juga harus diperhatikan, yaitu harus lembut dan menenangkan. Oleh karena itu pemilihan lagu klasik adalah yang paling pas terutama karya dari komposer legendaris, Mozart.

Memperkenalkan diri

Orang tua juga bisa mengajak si jabang bayi berkomunikasi, yaitu dengan mengenalkan dirinya, contohnya “Dek, ini mama dan ini papa” dan lain sebagiannya. Ucapkan kata-kata tersebut secara berulang dan menggunakan nada yang lembut.

Membacakan sebuah cerita

Membacakan sebuah cerita selama 10 menit per harinya dan dilakukan secara bergantian oleh ayah dan ibu juga dapat menstimulasi si jabang bayi. Mengapa harus bergantian? karena agar berimbang.

Itulah cara stimulasi suara yang tepat untuk bayi yang masih dalam kandungan. Jika bayi telah lahir maka juga dapat diberi stimulasi yang dibuat oleh Zwitsal yaitu Baby Spa.

0 Response to "Stimulasi bayi ketika dalam kandungan dengan suara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel